[TravelTalk] Phuket Backpacker Trip in 3 Days

Holaa!

Kali ini aku mau share pengalaman backpacker ke Phuket selama 3 hari.

Untuk trip ke Phuket kali ini emang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari dan bikin budjet limit sekitar 800-1000 RM include tiket pesawat pulang pergi berserta hotel.

Berikut Tipsnya

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah booking tiket dari jauh-jauh hari. Usahakan 2-3 minggu sebelum berangkat, kalian sudah book tiket pesawat. Untuk ini kami sudah memesan tiket pesawat air asia dari KUL-HKT dan HKT-KUL. Untuk tiket pesawat pulang pergi, kami dapat dengan harga 280RM atau sekitar RP. 915.600/ 1 RM = 3.280 include bagasi 23kg untuk pulang pergi. Tiket pesawat kalian bisa pesan di airasia.com.
  2. Selanjutnya, book hotel. Disini kami memesan hotel di daerah patong beach karena lokasinya yang strategis dengan destinasi wisata pantai seperti patong beach, kata beach,dll. Kami menginap di Patong Holiday Hotel dengan harga 40RM/orang  atau sekitar Rp. 131.200 selama 3 hari dan kami memesan 2 kamar. Padahal seharusnya 1 kamar saja cukup untuk 4 orang tapi karena kebodohan kami yang mengharuskan memesan lagi kamar. Untungnya kami mendapatkan dengan harga 22RM dan total kami menghabiskan 40rm yang seharusnya kami hanya menghabiskan 18rm saja untuk hotelL. Untuk booking hotel kalian bisa book ditraveloka atau agoda. Terkadang diantara 2 website itu ada promo untuk book hotel.
  3. Terakhir yang harus dipersiapkan adalah uang Bath. Aku membataskan hanya sekitar 400RM atau sekitar Rp. 1.312.000 dan aku dapat sebanyak 3.000 Bath.

Yup, The date is come and this is my itinerary trip to Phuket.

Day 1

18:50-Arrival in Phuket International Airport
Setelah sampai bandara Phuket, kami langsung menuju tempat yang menyediakan taxi ataupun minibus. Disini kami memesan taxi dikarenakan harga taxi dengan mini bus hampir sama dan hanya berbeda 20 bath saja. Untuk taxi, kami mendapatkan harga 800 bath dan perorang hanya 200 bath. Sedangkan mini bus dengan harga 180 bath perorang.

20:00-Check In Patong Holiday Hotel
Perjalanan dari bandara menuju daerah Patong Beach memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah sampai hotel,kami langsung check in. Disini yang kami sayaangkan adalah biaya deposit dari hotel ini sendiri sekitar 2.000 Bath/kamar L. Lagi-lagi melebihi budget..

22:00-Bangla Road
Setelah istirahat selama beberapa jam dihotel, malamnya kami pergi ke bangla road untuk mencari makan. Dari hotel menuju bangla road hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan jalan kaki. Untuk makan, kami hanya menghabiskan uang sekitar 50 Bath. Setelah puas berjalan-jalan sekitar bangla street, kami membeli 2 air galon dengan ukuran sedang sebesar 86 Bath.

Day 2

10:00-Wat Chalong Temple

Untuk menuju wat chalong temple, kami menyewa 2 motor dengan harga 400 bath. Jadi harga sewa 1 motornya sekitar 200 bath. Awalnya mereka minta dengan harga 300 bath/motor namun kami tawar sehingga 400 bath untuk 2 motor. Percayalah orang-orang disini minim yang bisa menggunakan Bahasa inggris, jadi terkadang kami suka bingung untuk berkomunikasi ataupun bertanya dengan orang sekitar sini.
Setelah sewa motor selesai, kami lanjut membeli kartu SIM Card untuk menggunakan Google Maps.
Untuk SIM Card sendiri dengan harga 199 Bath include paket internet unlimited dan karena kami memiliki budget yang terbatas, jadi kami hanya membeli 1 SIM Card dan sisanya nanti bisa tathering dengan HP yg terpasang SIM Card ini.

Perjalanan dari hotel menuju Wat Chalong sekitar 45-55 menit dengan menggunakan motor.
Untuk masuk kedalam sini pun tidak dikenakan biaya sama sekali apalagi untuk biaya parkir motornya tidak dipungut biaya sama sekali.

13:00-Big Buddha
Credit to My Friend Indah :p
Destinasi kami selanjutnya adalah Patung Big Buddha. Waktu tempuh dari Wat Chalong menuju Big Buddha sendiri lumayan dekat sekita 30 menit dan perjalanan menuju patung Big Buddha ini bener-bener bagus. Jalanan yang menanjak dan sepanjang jalan kami melihat laut.

Untuk destinasi ini pun kami tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

14:30-Kata Beach

Waktu tempuh dari Big Buddha menuju Kata Beach sekitar 1 Jam dan lagi-lagi disini kami tidak mengeluarkan biaya sama sekali apalagi biaya untuk parkir motor ehehe

Setelah puas di Kata Beach, kami pun mencari makan. Karena kami tidak tau mau makan apa dan lumayan sulit menemukan makanan halal akhirnya kami berhenti disebuah warung dekat hotel.

Untuk biaya makan, kami menghabiskan biaya 300 bath. Disini kami memesan 2 menu makanan, 4 nasi putih dan 4 thai tea. Kami menerapkan sharing makanan, karena dengan demikian kami dapat mengurangi biaya untuk makan.

17:30-Patong Beach

Setelah istirahat di hotel sebentar, kami melanjutkan perjalanan menuju Patong Beach yang jaraknya dekat dengan hotel kami. Sekitar 15 menit dengan menggunakan motor. Disini kami ingin menikmati sunset sambil tiduran dipantai :p
Bersyukurnya hotel kami menyediakan tiker lipat yang kami dapat bawa kemana-mana :p

Day 3- Phi Phi Island Tour

Untuk paket travel phi phi island ini kami dapat dengan harga 1.400 Bath/orang setelah kami muter-muter semua tempat travel dan kami pun dapat dengan harga yang paling murah ehehe

08:00-Pick Up Hotel

08:30-Royal Phuket Marina
Disini kami diberikan gelang sebagai tanda pengenal dan minuman ataupun snack sebagai makanan breakfast. Kami juga diberikan arahan oleh instruktur tentang bagaimana menggunakan alat snorkeling,dll.

9:30-Departure to Phi Phi

10:30-Khai Nok

Destinasi pertama yaitu pulau Khai Nok. Sepanjang perjalanan menuju Khai Nok, kami diberikan minuman dan sesampainya di Khai Nok, kami disuguhkan buah nanas dan semangka.

Bayangin panas-panas terus makan buah nanas sama semanggka merupakan sebuah perpaduan yang pas :p, Disini kami diberikan waktu 20 menit untuk sekedar main air, foto-foto ataupun bersantai..

11:30-Maya Bay

Tempat ini terkenal berkat film Leonardo DiCaprio's movie The Beach.  Tapi sayang disini kami gak bisa puas foto-foto karena rame banget.

12:00-Viking Cave

Disini kami bisa liat dari kejauhan aja karena emang kapalnya gak bisa berhenti.

12:30-Monkey Island

Sama seperti halnya Viking cave, disini perahu tidak berhenti dan kami hanya dapat melihat dari kejauhan saja.

13:00-Lunch at Phi Phi Don

Percayalah selama diperjalanan tadi kalian pasti akan disuguhkan biscuit dan minuman. Jadi selama perjalanan tadi kami tidak merasakan kelaparan eheh
Di phi phi don, kami sugguhkan makanan buffet. Kami bisa dengan puas makan makanan sebanyak apapun yang kami inginkan. Ets tapi jangan serakah juuga yaa :p
Ternyata disini kami menemukan musolah untuk tempat sholat. Pertama kalinya kami melihat musollah disekitar Phuket :’)

14:00-Snorkeling Time!

Setelah makan siang, perahu kami pun langsung menuju tempat snorkeling.Kami diberikan perlengkapan snorkeling berupa snorkeling gears dan life vest.

15:30-Back to Royal Phuket Marina

16:00-Drop Off at Hotel

Days 4

10:00-Check Out Hotel

Setelah check out hotel, kami pun menunggu taxi yang telah kami booking terlebih dahulu dan kami dapat dengan harga 600 Bath. Loh kok murah? Karena sebelumnya kami sudah tawar menawar dan mencapai keputusan dengan harga 600 Bath :p